Visi dan Misi

VISI

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, yang mencerminkan harapan yang ingin dicapai dilandasi oleh kondisi dan potensi serta prediksi tantangan dan peluang pada masa yang akan datang. Berdasarkan makna tersebut dan sesuai dengan Visi Pemerintah Kota Pontianak 2015-2019, maka visi Dinas Sosial Kota Pontianak 2015 – 2019 adalah:

“TERWUJUDNYA PELAYANAN SOSIAL DI KOTA PONTIANAK”.

“Pelayanan sosial terdiri dari program-program yang diadakan tanpa mempertimbangkan kriteria pasar untuk menjamin suatu tingkatan dasar dalam penyediaan fasilitas pemenuhan kebutuhan akan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat serta kemampuan perorangan untuk pelaksanaan fungsi-fungsinya, untuk memperlancar kemampuan menjangkau dan menggunakan pelayanan-pelayanan serta lembaga-lembaga yang telah ada dan membantu warga masyarakat yang mengalami kesulitan dan keterlantaran” (Soetarso,1982).

Penyandang masalah kesejahteraan sosial terdiri dari 26 (Dua Puluh Enam) jenis dengan kriteria yang berbeda. Visi dinas dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan pelayanan bagi PMKS sehingga keberfungsian sosialnya dimasyarakat dapat meningkat. Diharapkan dengan terumuskannya visi Dinas Sosial Kota Pontianak tersebut, maka dapat menjadi motivasi seluruh elemen dinas untuk mewujudkannya, melalui peningkatan kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dan diwujudkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi serta dilandasi oleh visi, maka misi Dinas Sosial Kota Pontianak 2015- 2019 adalah sebagai berikut:

a. Meningkatkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kota Pontianak;

b. Meningkatkan Kesejahteraan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Pontianak.

Motto
Kami Siap Melayani Karena Itu Tugas Kami
Janji Layanan
1. Memberikan Pelayanan Yang Ramah, Sopan, Tepat, dan Cepat.
2. Melayani dengan Sepenuh Hati tanpa Pamrih.
3. Bekerja Profesional sesuai dengan Aturan.